17 Agustus; Hari Aku Diterima Bekerja Sebagai SEO Specialist Di Salah Satu Digital Agency

 

bekerja sebagai seo specialist

Hola my friend...

Tulisan pertama ini aku dedikasikan untuk rasa syukur ku yang baru saja diterima kerja di salah satu perusahaan Digital Agency di Tangerang sebagai bagian dari SEO Specialist.

Dan hal ini membuat ku ingin menyegarkan dan memunculkan kembali blog ini ke permukaan.

Tidak lupa juga aku ucapkan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE-75

...

So, setelah kurang lebih satu bulan apply ke berbagai perusahaan digital dengan posisi SEO Specialist dan juga apply sebagai Digital Marketing. Dan mendapatkan panggilan interview dari beberapa perusahaan. Akhirnya ikhtiarku menemukan titik terangnya. Yaitu diterima sebagai SEO Specialist di salah satu Digital Agency di Tangerang Selatan.

Apakah semudah itu?

Tentu tidak, my friend...

Perusahaan yang menerima ku ini adalah perusahaan ke-sekian yang menghubungi ku. Sebelumnya, ada perusahaan startup yang bisa dibilang cukup besar namanya di Indonesia telah menginterview dan membuat test untuk ku sebanyak 3x. HR Generalist mereka mengirimkan chat whatsapp kepada ku bahwa mereka cocok denganku, namun, sayang, terlalu lama untuk memberikan offering kepada ku.

Sehingga, aku lebih memilih Digital Agency yang sekarang ini karena mereka segera memberikan ku offering setelah beberapa hari dari interview. Sebetulnya tidak apa bagiku menerima salah satu dari perusahaan tersebut. Karena aku menyukai bidang perusahaan mereka, dan menyukai juga posisi yang mereka tawarkan :)

Apakah hanya itu?

Tentu masih ada, my friend...

Just for your information, ditengah-tengah aku menunggu panggilan kerja, ada seorang wanita yang menghubungi ku di waktu malam. Beliau dari salah satu perusahaan Tour&Travel di Tangerang menawarkan ku pekerjaan sebagai Digital Marketing dan saat itu juga langsung memberikan offering ! Aku tidak pernah melamar di perusahaan ini, namun perusahaan inilah yang menemukan profil ku di situs pencarian kerja dan langsung menghubungi ku.

..."Baik, ibu. Saya pikir-pikir dulu terhadap tawaran dari ibu. Nanti akan saya kabarkan 3 hari lagi, bagaimana bu?" Tanya ku kepadanya setelah beliau menawarkan gaji, job desc, dll

"Waduh, kelamaan dong hahaha." Balasnya

"Oh hehehe, kalau gitu hari kamis saya kabari ya bu. Bagaimana?"

"Ok boleh deh.." Balasnya sekaligus melanjutkan obrolan kami...

Well, setelah melakukan berbagai pertimbangan ini dan itu, melihat tujuan pribadi, akhirnya, aku memutuskan untuk belum bisa menerima penawaran kerja dari perusahaan tersebut. Walaupun sempat tergoda juga hehehe

...

Nah kalau ada yang bertanya; sebelum diterima bekerja sebagai SEO Specialist, memangnya Anda ini bekerja apa dulunya ? hehehe

Jadi sebelum diterima sebagai SEO Specialist di Digital Agency yang sekarang, aku bekerja di salah satu perusahaan di Bogor sebagai Digital Marketing yang hampir mengurusi semua kegiatan marketing berbasiskan digital, antara lain adalah:

  • Membuat, mengelola dan mengoptimasi website
  • Mengaktivasi SEO pada website beserta maintenance nya
  • Membuat dan mengoptimalkan google ads
  • Monitoring kinerja SEO, iklan dan staff sales
  • .....Tidak jarang juga turun langsung melayani klien 
Lumayan banyak yah :D. Mungkin di perusahaan lain, untuk job desc diatas bisa saja dikerjakan oleh beberapa posisi. Tapi aku menerima itu dan itu memberikan pengalaman yang luar biasa bagiku. Terima kasih ku ucapkan kepada perusahaan tersebut.

....

Well, ya...aku sampaikan kembali rasa syukur ku telah diterima bekerja di salah satu Digital Agency. Semoga aku bisa berkontribusi dan membawa dampak positif untuk perusahaan ini. Dan menjalin hubungan yang baik terhadap seluruh teman-teman di kantor :)

Buat kamu yang saat ini sedang mencari / melamar pekerjaan, semua orang pasti telah bilang kepadamu untuk "Jangan Menyerah, Terus Mencoba"

Aku menambahkan; Pastikan posisi yang kamu lamar adalah posisi dimana kamu menguasai bidang itu sehingga kamu bisa berkontribusi baik di perusahaan tersebut. Selain itu, hal ini akan memudahkan kamu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview.

Karena kebanyakan dari mereka yang selalu ditolak setelah interview, adalah mereka yang tidak menguasai bidang yang mereka lamar sehingga tidak mampu menjawab dengan optimal pertanyaan dari interviewer.

....Jangan lupa bahwa ATTITUDE juga dinilai ya :)

Okey, sekian tulisan dari ku kali ini. Semoga bermanfaat!

Ada pertanyaan? Silakan tulis di komentar ya :)

Comments