Kena PHK? Ini Kiat-Kiat Mendapatkan Pekerjaan Baru Ditengah Pandemi Corona!

 Bismillahirrohmanirrohim... 😊

Hola My Friend...

Alhamdulillah aku bisa menyempatkan waktu untuk menulis lagi di blog ini. Tulisan kali ini aku terinspirasi dari pengalaman aku pribadi yang terkena PHK lalu berusaha untuk mendapatkan pekerjaan baru kembali.

Kita semua tau ya friend kalau pandemi ini menyebabkan badai PHK dimana-mana, bukan hanya Indonesia namun juga seluruh dunia. Akhirnya gak sedikit yang mengalami frustrasi akibat tidak punya pekerjaan, income bulanan tidak ada namun banyak kewajiban yang harus dibayar. Termasuk cicilan vario mu yang gak lunas-lunas itu friend xixixi *kidding 😄

Nah kali ini aku mau berbagi pengalaman ku yang baru saja terkena PHK dan berhasil mendapatkan pekerjaan baru kembali walaupun ditengah-tengah pandemi. Semoga bermanfaat ya friend !

Kiat-Kiat Mendapatkan Pekerjaan Baru Ditengah Pandemi Corona

  1. Make Sure Bahwa Skill Anda Sesuai Dengan Pekerjaan Yang Anda Apply
    Ini hal yang harus diperhatikan paling utama friend sebelum kamu banyak apply lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan. Jangan karena kita frustrasi telah kehilangan pekerjaan, lantas membuat kita gegabah dalam melamar pekerjaan secara acak (That means, tidak sesuai skill yang dimiliki). Karena ditengah pandemi seperti ini, perusahaan akan sangat lebih hati-hati dalam memilih kandidat. Mereka akan memilih yang benar-benar memiliki kemampuan dan pengalaman sesuai pekerjaannya. Mereka tidak akan menghabiskan waktu untuk kandidat yang tidak sesuai ekspektasi mereka.

    Dengan memastikan bahwa skill yang kita miliki sesuai dengan pekerjaan yang kita apply, ini sudah membantu kita untuk langkah berikutnya yaitu saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari interviewer. Apalagi jika yang kita lamar adalah pekerjaan yang bersifat teknis. Kalau setiap pertanyaan berhasil kita jawab secara benar dan penuh dengan keyakinan, ini sudah poin lebih untuk kita friend ;)

  2. Pastikan CV Tersusun Dengan Baik (Rapi, Jelas, Sesuai & Menarik)
    Poin penting yang kedua adalah CV nya harus tersusun dengan baik dan benar friend. Tidak ada pakem harus persis seperti ini atau harus seperti itu. Tapi pastikan bahwa CV yang kita buat memenuhi unsur Rapi, Jelas, Sesuai dan Menarik. Sehingga HRD tertarik untuk membaca lebih lanjut CV kita.

    Rapi = Penulisannya harus rapi. Menggunakan font yang mudah dibaca. Dan bahasa yang digunakan harus sopan dan penuh hormat.
    Jelas = Jelas apa yang ingin kita sampaikan melalui CV tersebut. Misal; identitas, pendidikan, pengalaman kerja, kata pembuka, kadang-kadang ada juga yang menulis gaji yang diharapkan. Pastikan yang penting-penting saja ya friend dan informasinya bermanfaat untuk HRD menyeleksinya.
    Sesuai = CV yang kita buat harus sesuai dengan lowongan pekerjaan yang kita apply. Banyak sekali para pencari kerja karena saking frustrasinya (atau mungkin malas) sehingga CV yang digunakan untuk melamar ke banyak perusahaan sama semua. Ini hanya akan membuat waktu kita saja. Dan hal ini menyebalkan bagi HRD lho.
    Menarik = Pastikan pula bahwa desain dan penulisan CV kita ini menarik untuk dibaca-baca oleh HRD. Kalau kamu gak jago dalam hal mendesain CV secara mandiri, kamu bisa menggunakan website Canva.com untuk membuat CV yang menarik. Disana ada banyak template CV yang bagus dan bisa kita manfaatkan untuk membuat CV kita sendiri. Well, aku juga menggunakan Canva karena mudah sekali penggunaannya tinggal ganti tulisan, drag & drop, beres deh hehehe

  3. Gunakan 2-3 Situs Pencarian Kerja
    Ya betul friend. Kita harus gunakan 2-3 situs pencarian kerja kalau kita mau apply ke banyak perusahaan dengan efektif & efisien. Aku tau mendaftar ke situs pencarian kerja itu kadang membuat kita malas karena harus mengisi banyak data diri. Tapi kalau maunya malas terus, kita gak akan kemana-mana my friend. Kita akan sulit mendapatkan pekerjaan. Nah disini aku bisa memberikan situs pencarian kerja yang aku gunakan dan menurutku ini sudah cukup optimal. Yaitu:
    JobsDB.com
    Glints.com
    JobStreet.com
    Kalian bisa menggunakan 3 situs ini untuk melamar ke berbagai perusahaan. Jangan malas untuk daftar, mencari lowongan dan apply yah :) Apa yang aku dapatkan dari 3 situs tersebut? Ok friend kalau kalian penasaran, aku akan jabarkan.

    Di situs Glints, disana aku melamar ke belasan perusahaan. Dan beberapa jam berikutnya aku langsung mendapatkan telfon dari salah satu perusahaan startup yang aku lamar. Aku pun langsung diajak wawancara melalui telfon dan dilanjut membuat jadwal untuk tahap interview tatap muka 😃

    Di situs JobsStreet, disana aku juga melamar ke berbagai perusahaan. Mungkin sekitar 7-10 perusahaan. Ada 1 perusahaan yang menghubungi ku setelah beberapa hari aku lamar. Namun sayang, perusahaan ini tidak memberikan offering yang sesuai dengan yang ku mau. Akhirnya aku tolak (gaya banget yah haha). Ok selain itu, aku juga mendapatkan telfon dari salah satu perusahaan yang sebetulnya aku tidak melamar di perusahaan ini, tapi mereka mendapatkan info dari fitur pencarian kandidat yang diberikan oleh JobStreet. Tuh friend walaupun kalian tidak melamar, kalian berkesempatan dihubungi oleh perusahaan jikalau kalian mendaftar dan mengisi data diri dengan baik.

    Sedangkan di situs JobsDB, aku hanya melamar ke satu perusahaan saja. Well, entah kenapa di situs ini pergerakan lowongan pekerjaan nya tidak secepat kedua situs sebelumnya. Tapi, justru aku mendapatkan pekerjaan yang baru ya melalui situs ini friend ! Hari ini aku apply lamaran, besoknya aku interview dan beberapa hari setelahnya aku langsung diterima. Alhamdulillah, ikhtiar ku menemukan titik terangnya 😃 Posisi yang ku lamar adalah SEO Specialist di salah satu perusahaan Digital Agency di Tangerang. Kalau mau cerita lebih lengkap kalian bisa baca disini friend ~> 17 AGUSTUS; HARI AKU DITERIMA BEKERJA SEBAGAI SEO SPECIALIST DI SALAH SATU DIGITAL AGENCY

    Nah jadi itulah hikmah dari menggunakan ketiga situs pencarian kerja tersebut. Namun harus dipastikan bukan asal mendaftar, tapi juga penuhi profil kita dengan data yang benar, jujur dan menarik!

  4. Jangan Berhenti Asah Pengetahuan dan Gali Kemampuan Lebih Dalam
    Ya, ini adalah langkah proaktif untuk persiapan saat kita mendapatkan panggilan kerja. Bisa juga untuk memperlancar kita saat dapat panggilan interview nanti. Kalau kamu suka desain dan ingin mendapatkan pekerjaan yang mencakup urusan desain-mendesain, maka galilah pengetahuan dan kemampuan mu di bidang desain.

    Kalau kamu suka menulis dan ingin mendapatkan pekerjaan yang ada aktifitas menulisnya seperti copywriter, digital marketing atau mungkin SEO Specialist, maka asahlah pengetahuan dan kemampuan mu di bidang itu.

    Kalau kamu kuliah akuntansi dan ingin mendapatkan pekerjaan sebagai finance/akuntan, pelajarilah banyak-banyak soal mindset seorang akuntan dan pelajari juga software akuntansi yang banyak bertebaran di internet.

    Daaaan masih banyak lagi. 1 kemampuan itu bisa diaplikasikan ke berbagai bidang lho. Gak melulu saklek harus sama. Asalkan masih ada keterkaitan antara skill dan pekerjaan nantinya.
Mungkin itu saja yang bisa aku sampaikan untuk kiat-kiat mendapatkan pekerjaan baru ditengah pandemi corona seperti ini. Well, keempat hal diatas adalah cara yang juga aku gunakan untuk mendapatkan job baru di perusahaan baru. Jadi bukan tong kosong nyaring bunyinya hehehe

Kalau kamu mendapatkan manfaat dari tulisan ku ini, boleh sapa aku di kolom komentar ya friend. 😋

Comments